Rabu, 11 Maret 2015

BERBAGAI IKLAN MEDIA CETAK BESERTA FUNGSINYA





 
Definisi Iklan

Menurut Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Menurut Rhenald Kasali (1992:21), secara sedrhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. Namun demikian, untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli.

Menurut PPPI dalam situsnya, terdapat definisi bahwa periklanan sebagai segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan untuk kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
Secara umum, iklan merupakan suatu bentuk komunikasi nonpersonal yang menyampaikan informasi berbayar sesuai keinginan dari institusi/sponsor tertentu melalui media massa yang bertujuan memengaruhi/mempersuasi khalayak agar membeli suatu produk atau jasa.

Karakteristik Iklan

Iklan memiliki beberapa karakteristik, antara lain:

a. Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.

b. Nonpersonal komunikasi.

c. Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.

d. Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.

e. Bersifat mempersuasi khalayak.

f. Bertujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.

Jenis Iklan

a. Memberikan informasi (Informing)

Periklanan membuat konsumen sadar (aware) akan merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
Periklanan ini merupakan bentuk komunikasi yang berkemampuan menjangkau khalayak secara luas dengan biaya yang relatif rendah.

Periklanan ini memfasilitasi pengenalan produk/merek baru, meningkatkan jumlah permintaan produk/merek-merek yang sudah ada, dan meningkatkan puncak kesadaran (TOMA = top of mind awareness) di benak konsumen, serta mengajarkan manfaat-manfaat baru dari merek-merek yang sudah ada.

b. Membujuk (Persuading)

Periklanan yang efektif akan mampu membujuk pelanggan untuk mencoba produk yang diiklankan.
Terkadang persuasi tersebut berbentuk mempengaruhi permintaan primer yaitu menciptakan permintaan bagi keseluruhan kategori produk.
Iklan yang dibuat harus mampu membujuk konsumen untuk memilih merek tertentu, menganjurkan untuk membeli produk merek tertentu, membujuk pelanggan untuk menerima merek yang diiklankan, serta membujuk pelanggan untuk membeli sekarang juga produk yang diiklankan.

c. Mengingatkan (Reminding)

Iklan dapat menjaga merek agar tetap segar dalam ingatan konsumen.
Saat munculnya kebutuhan yang berhubungan dengan produk yang diiklankan, konsumen akan segera ingat dengan merek yang diiklankan di masa lalu dan akhirnya membeli produk tersebut.
Periklanan ini dapat meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian terhadap merek yang mungkin tidak akan dipilih, serta mampu mempengaruhi pengalihan merek (brand switching).

d. Memberikan nilai tambah (Adding Value)

Iklan berfungsi memberikan nilai tambah bagi perusahaan akan tiga hal yang mendasar, yaitu : terjadinya inovasi, penyempurnaan kualitas, ataerubahan persepsi konsumen.

e. Membantu/mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan (Assisting)

Iklan yang telah dilakukan perusahaan dapat memberikan informasi pendahuluan yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontak personal dengan para pelanggannya.
Periklanan ini memungkinkan digunakan sebagai alat komunikasi untuk meluncurkan promosi-promosi penjualan, seperti kupon-kupon dan undian, serta upaya penarik perhatian berbagai perangkat promosi penjualan tersebut.
Periklanan juga dapat meningkatkan hasil dari komunikasi pemasaran lainnya.


Contoh dari fungsi-fungsi iklan diatas, antara lain:


Iklan Jaringan Internet Speedy




Pada iklan ini dapat kita temukan beberapa fungsi iklan, diantaranya

  • Memberikan Informasi (Informing)
Pada iklan diatas dapat kita lihat bahwa iklan tersebut menunjukan citra positif dengan diberikanya kalimat " kini lebih super cepat plus konten super hemat " juga mempunyai kemampuan khalayak secara luas dengan biaya relatif murah. iklan diatas juga meningkatkan puncak kesadaran masyarakan bahwa speedylah yang terbaik diantara jaringan internet yang lain.

  • Membujuk (Persuading)
Pada iklan diatas sangat terlihat sekali bujukan yang di perlihatkan dengan pemberian discount 50% kepada pengguna serta kalimat bujukan bahwa dengan menggunakan Speedy pengguna akan di manjakan dengan kecepatan internet yang luar biasa dan jukan pengguna akan mendapatkan konten-konten yang istimewa.




Pada iklan ini kita temukan berapa fungsi iklan, diantaranya

  • Mengingatkan (Reminding) 
Pepsodent merupakan merk pasta gigi terkemuka sejak dahulu, seperti kita lihat cara mereka mengingat kembali merk Pepsodent  dengn membuat farian dan inovasi-inovasi produk baru sehingga konsumen mengingat kembali merk yang di iklankan masa lalu dan akhirnya membeli produk tersebut dimana saat muncul kebutuhan yang berhubungan dengan produk yang di iklankan.

  • Memberikan nilai tambah (Adding Value)

Iklan diatas menunjukan nilai tambah dan mengubah presepsi konsumen bahwa Pepsoden tidak hanya mempunyai satu farian saja, tapi saaat ini Pepsodent telah memilki banyak farian yang dapat konsumen gunakan sesuai kebutuhan mereka.




Pada iklan diatas terdapat fungsi iklan, yaitu
  • Membantu/mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan (Assisting)
Fungsi iklan tersebut membantu/mempermudah konsumen melihat-lihat tipe smartphone tersebut setelah melihat iklannya di majalah yang mereka baca sebelumnya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar